Cara Ekstrak File Rar Praktis dan Cepat

Cara Ekstrak File Rar Praktis dan Cepat

kardinalmarine.com – RAR merupakan format file kompresi yang banyak digunakan dan disukai banyak orang. Saat menemui format ini tak perlu bingung untuk mengekstraknya. Berikut ini cara ekstrak file RAR yang bisa Anda coba.

  1. Mengekstrak di Laptop Windows

Agar bisa membuka RAR di Windows, gunakan saja aplikasi WinRar. Caranya sangat mudah, unduh WinRar dari website resminya dan instal aplikasinya.

Setelah itu, cari file mana yang mau diekstrak. Untuk membukanya, cukup klik kanan pada file tersebut agar menemukan opsi untuk mengekstrak RAR. Jika file ingin diekstrak di situ, Anda dapat klik opsi Extract Here.

Umumnya, proses ekstrak di Windows akan berjalan cepat. Namun jika ukuran filenya cukup besar, tentu akan membutuhkan beberapa detik untuk ekstrak semua file di dalam RAR. Setelah menginstalnya lewat Play Store, buka aplikasi tersebut. Tampilan aplikasi ini mirip seperti File Manager. Carilah file mana yang mau Anda ekstrak, pilih file tersebut, select file mana saja yang diperlukan.

Setelah itu, klik ikon Ekstrak dan Anda tinggal mengatur direktori untuk menyimpan hasil ekstrak, terakhir klik OK. 

  1. Menggunakan Aplikasi RAR

Cara membuka file RAR di Android bisa dengan memakai aplikasi tambahan. Salah satu yang bisa dipakai adalah aplikasi “RAR”, nama aplikasinya memang sama dengan nama format RAR.

  1. Menggunakan Aplikasi ZArchiver

Cara mengekstrak file menggunakan ZArchiver ini juga mudah dan cepat. Tak heran jika ZArchiver sudah diunduh lebih dari 100 juta kali karena fiturnya yang cukup lengkap. ZArchiver sudah mendukung berbagai format compressed file seperti 7z, ZIP, dan juga RAR.

Instal dulu aplikasinya, lalu buka ZArchiver. Kemudian cari dan pilih berkas RAR yang mau diekstrak. Selanjutnya, pilih opsi ekstrak sesuai keinginan Anda. Misalnya jika memilih opsi Ekstrak disini, maka file akan disimpan di tempat yang sama dengan berkas RAR tersebut.

  1. Memakai ES File Manager

Aplikasi Android lain adalah ES Pengelola Berkas (File Manager). Memang sejumlah aplikasi file manager sudah mendukung fitur ekstrak. Cara mengekstraknya juga praktis. Setelah aplikasi terpasang, buka dan cari RAR yang diinginkan. Pilih RAR tersebut, kemudian tekan opsi Ekstrak, lalu klik OK untuk mulai mengekstrak.

  1. Mengekstrak RAR di iPhone

IPhone yang dibekali iOS 13 sudah memiliki dukungan asli untuk mengompres folder ke format ZIP. Sedangkan untuk membuka file yang dikompres, tak hanya ZIP saja, RAR juga bisa dibuka di iPhone. 

Untuk membuka RAR, buka aplikasi Files di iPhone. Lalu temukan file/berkas yang hendak diekstrak. Setelah ketemu, tekan dan tahan file tersebut lalu Anda bisa melihat beberapa opsi. Kemudian klik Uncompress yang ada di bagian bawah. Nah, file berhasil diekstrak dengan mudah.

Baca Juga : Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Kusut dan Kering

Demikian pembahasan cara-cara ekstrak file RAR. Berbagai cara di atas dapat diterapkan dengan praktis. Nantinya, cara mana yang akan Anda gunakan?