Cara Memotong Kaca yang Mudah dan Aman

Cara Memotong Kaca yang Mudah dan Aman

kardinalmarine.com – Dalam sebuah bangunan, dibutuhkan suatu bidang tembus cahaya agar bagian dalam bangunan dapat terpapar cahaya alami. Kaca adalah benda yang mampu mengakomodir kebutuhan itu. Selain itu juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan bangunan. Namun seringkali ukurannya lebih besar dari kebutuhannya, hal itu membuat Anda butuh untuk mengetahui cara potong kaca yang benar.

Terlepas dari berbagai jenisnya, memotong kaca kurang lebih memiliki cara serupa. Namun dalam prosesnya Anda harus berhati-hati. Jika belum tahu secara pasti bagaimana caranya, sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu. Di bawah ini akan kami bagikan beberapa tips untuk memotongnya dengan mudah.

Langkah-langkah Melakukan Pemotongan

Untuk melakukannya, terdapat berbagai alat, tergantung dari ketebalan objeknya. Jika tebal dan besar, akan lebih efisien jika menggunakan gerindra. Namun jika ukuran tidak begitu tebal, kamu bisa menggunakan alat pemotong lebih ringan seperti gergaji khusus maupun alat potong berjenis pulpen. Ikuti langkah berikut untuk tahu cara potong kaca yang mudah dan aman:

1. Sesuaikan Alat Pemotong

Seperti telah disebutkan di atas, pemilihan alat pemotong bergantung pada tingkat ketebalan objek. Jika tidak terlalu tebal, kamu bisa memakai alat potong jenis pulpen seperti Intime Glass Cutter, Oil Glass Cutter, maupun T Cutter.

2. Sediakan Alas Pemotong

Demi hasil maksimal, kamu sebaiknya memiliki alas dengan bidang datar. Hal itu bertujuan agar hasil pemotongan lebih rapih. Karena jika alas memiliki permukaan tidak rata dapat membuat hasil pemotongan tidak lurus sempurna dan simetris.

Kamu bisa menggunakan papan maupun meja dengan bidang datar. Demi kemudahan, sebaiknya gunakan alas lebih lebar dari objek yang ingin dipotong.

3. Lumasi Sebelum Dipotong

Tahap ini terbilang cukup penting, karena dengan diberikannya pelumas pada objek yang ingin dipotong membuat hasil pemotongan menjadi rapih. Karena sifat minyak licin sehingga mampu mengurangi gesekan ketika pemotongan. 

Untuk pelumasnya bisa menggunakan berbagai macam bahan. Jika kamu membeli Glass Cutter biasanya satu paket dengan pelumasnya. Namun bila kamu tidak memilikinya, minyak tanah bisa menjadi solusinya.

4. Gunakan Penjepit Kop

Selanjutnya Anda perlu menjepitnya menggunakan kop. Hal ini akan membuatnya tidak mu dah bergeser, maka hindari memegangnya hanya dengan menggunakan tangan kosong. Kemudian sebelum mengeksekusi, Anda dapat membentangkan sebuah tali untuk memastikan olesan minyak membentuk garis lurus.

5. Eksekusi

Langkah terakhir ialah mulai mengeksekusi secara hati-hati. Lakukan pemotongan secara perlahan menggunakan alat pemotong milik kamu demi hasil rapih dan maksimal.

Baca Juga : Cara Ekstrak File Rar Praktis dan Cepat

Cara di atas ialah salah satu dari banyak cara yang bisa dilakukan. Terlebih jika Anda ingin memotong sendiri di rumah, cara potong kaca yang kami jabarkan di atas mungkin bisa membantu Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *