Kesan Gelap Terang Suatu Benda Dapat Digambar Dengan Teknik Berikut ini!

Kesan Gelap Terang Suatu Benda Dapat Digambar Dengan Teknik Berikut ini!

kardinalmarine.com – Kesan gelap terang suatu benda dapat digambar dengan teknik berikut ini kecuali menggunakan teknik linear. Dengan menggunakan teknik lain kesan ini dapat dimunculkan. Kesan yang ditimbulkan oleh kedua warna tersebut adalah kedalaman gambar. Warna gelap dan terang yang saling berdekatan dengan sedikit jarak disebut juga dengan warna gradasi. 

Warna adalah sebuah kesan yang ditimbulkan dari objek oleh cahaya sekitar pada mata. Warna menjadi salah satu unsur penting dalam seni rupa karena dengan adanya warna objek dapat menjadi lebih hidup dan pesan tersampaikan pada orang yang melihatnya. Beberapa teknik yang digunakan seperti berikut.

Teknik Menggambar 

Teknik dussel adalah teknik dalam menggambar yang dilakukan dengan memberikan gosokan pada objek menggunakan alat gambar sehingga muncul kesan bagian gelap dan terang pada gambar dan tebal tipis. Alat yang dapat digunakan seperti pensil, konte dan krayon. Namun biasanya menggunakan pensil. 

Teknik Pointilis adalah menggambar dengan menggunakan bentuk berupa lingkaran kecil yang akan disusun pada suatu  pola yang telah ditentukan sehingga akan membentuk gambar baru. Sama seperti teknik dussel, teknik ini memunculkan kesan dua bagian antara terang dan gelap. 

Teknik linear adalah cara menggambar menggunakan garis-garis. Garis ini akan menentukan bentuk gambar yang dihasilkan seperti garis lurus atau garis lengkung. 

Teknik arsir adalah gambar yang dibuat dengan cara garis sejajar atau menyilang agar menghasilkan gelap-terng dari objeknya sehingga akan terlihat tiga dimensi. 

Teknik blok adalah suatu teknik yang menutup pada bagian-bagian objek gambar dengan satu warna yang sama. Ini akan memunculkan siluet dan kesan seperti blok gambar. 

Cara Menggambar Sebuah Bayangan Objek

  1. Tentukan untuk menggunakan perlengkapan menggambar. Untuk menghasilkan bayangan yang bagus, maka diperlukan perlengkapan seperti seorang seniman. Gunakan pensil keras dan lembut, seperti pensil yang  memiliki tanda huruf ‘B’ dan ‘H’. ‘B’ adalah pensil lembut seperti 2B, 4B, 6B dan 8B. sedangkan ‘H’ adalah  pensil keras. Gunakan pensil paling lembut.
  2. Buat outline dari gambar. Anda bisa menggunakan foto atau objek nyata dalam membuat outline. 
  3. Buat skala nilai gelap. Cara ini akan memudahkan Anda dalam memilih tingkat ketebalan dari bayangan. Buat kotak persegi di sudut kertas bagi menjadi 5 bagian dan berikan perbedaan kegelapan dari kelima kotak itu. 
  4. Pilih menggunakan teknik dalam menggambar. Bisa dengan menggunakan arsir, linear, dussel maupun pontilis. Sesuaikan dengan kemampuan dan jenis gambar Anda. 
  5. Mulai dengan membuat bayangan awal. Lakukan dengan tidak terlalu menekan pensil isi pada area yang memerlukan adanya bayangan. Biarkan bagian terang dengan tetap berwarna putih. 
  6. Tambahkan lapisan lain. bertahap gelapkan beberapa area tiap kali dengan menambahkan lapisan tipis pada bayangan. Kontraskan setiap area dengan menggunakan skala nilai yang telah Anda buat sebelumnya. 
  7. Blend area bayangan dengan blending stump. 

Baca Juga : Tahapan Melakukan Push Up

Itulah jawaban untuk kesan gelap terang suatu benda dapat digambar dengan teknik berikut ini kecuali menggunakan teknik liner