Metode Pull Up yang Benar Dan Manfaatnya

Metode Pull Up yang Benar Dan Manfaatnya

kardinalmarine.com – Pull up adalah latihan dengan menarik bagian bawah badan menggunakan lengan tangan. Cara ini merupakan metode yang bagus untuk melatih bagian tubuh atas terutama melatih otot inti. Apabila Anda masih pemula, akan lebih baik Anda menguasai metode dasarnya agar tidak salah dalam melakukannya dan terjadi cidera. Selain itu Anda juga harus tahu manfaatnya sehingga lebih termotivasi melakukannya. 

Manfaat pull up

Sebelum melakukan olahraga ini, ada baiknya Anda mengetahui apa saja manfaatnya bagi tubuh.

  1. Menguatkan otot lengan, bahu dan punggung

Bagi Anda yang ingin menguatkan bagian lengan, bahu dan punggung, cobalah berlatih dengan rajin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin dan teratur sesuai dengan kekuatan tubuh Anda. 

  1. Melatih kekuatan genggaman tangan

Latihan ini akan melatih bagian tangan Anda agar dapat dengan kuat menggengam karena harus menahan berat badan Anda saat bergelantungan. Latihan ini juga sangat mendukung olahraga jenis lain seperti panjat tebing, angkat beban, tenis dan lain sebagainya. 

  1. Meningkatkan kesehatan fisik

Dengan melakukan latihan ini kesehatan fisik akan semakin terjaga dengan baik secara menyeluruh. Di dalam penelitian ditemukan fakta bahwa olahraga jenis ini dapat membantu Anda mengurangi lemak yang berada di perut. Selain itu juga memberikan kekuatan pada tulang dan juga jantung menjadi lebih sehat. 

  1. Menjaga berat badan ideal

Ingin memiliki berat badan ideal? Cobalah lakukan olahraga ini. Walaupun saat melakukan tidak membakar banyak kalori, namun metabolism tubuh akan menjadi lebih mudah. Selain itu Anda juga dapat memperpanjang proses pembakaran kalori. Hebatnya lagi, kalori akan tetap terbakar walaupun Anda sudah selesai melakukannya. 

  1. Menjaga kesehatan mental

Selain berpengaruh pada kesehatan fisik, manfaatnya juga dapat dirasakan pada mental Anda. Menurut hasil penelitian, latihan kekuatan dapat memberikan pengaruh baik pada mental. Anda akan merasa lebih percaya diri, mengurangi cemas, meningkatkan daya ingat, mengurangi resiko depresi dan lain sebagainya. 

Langkah-langkah melakukan gerakan pull up

Sebelum berolahraga, Anda juga harus mengetahui metode yang tepat agar nantinya tidak terjadi cidera yang tidak diinginkan. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Posisikan badan Anda dalam keadaan berdiri di bawah tumpuan’
  2. Rentangkan kaki dengan posisi selebar bahu
  3. Lompatlah untuk menggapai tumpuan dan genggam dengan kuat
  4. Posisikan telapak tangan menhadap ke arah depan
  5. Tariklah tubuh ke atas dengan pelan sehingga dada dapat mendekati tumpuan yang digenggam. Atur nafas Anda dan hembuskan. 
  6. Lipatlah lutut dan silangkan pergemangan kaki untuk menyeimbangkan posisi
  7. Dengan perlahan turunkan tubuh sehingga siku dapat lurus kembali. Lakukanlah sambil mengambil nafas. Selama Anda turun, pertahankan kekuatan otot tangan sehingga saat turun dapat dilakukan dengan perlahan dan terkontrol. 
  8. Tariklah kembali tubuh ke atas dengan pelan dan ulangi kembali sebanyak yang Anda mampu. 

Yang perlu Anda ingat lakukanlah menurut kekuatan Anda masing-masing karena semua akan bertahap. Semakin sering Anda berlatih, pasti akan semakin kuat dan lama durasinya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dengan rutin 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Jangan lupa juga untuk mengkonsumi makanan bergizi. 

Baca Juga : Cara Memotong Kaca yang Mudah dan Aman

Pull up adalah latihan dengan fisik yang banyak memiliki manfaat, mudah dilakukan dan tentu saja tidak memerlukan banyak biaya. Lakukanlah sesuai dengan prosedur yang benar. Bila Anda pernah mengalami cidera di bagian leher, bahu, punggung, siku, pergelangan dan lain sebagainya, konsultasikan dahulu ke dokter sebelum melakukan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *