Penyebab dan Cara Mengatasi Pencemaran Tanah Secara Efektif

Penyebab dan Cara Mengatasi Pencemaran Tanah Secara Efektif

kardinalmarine.com – Sebagai masyarakat yang hidup bersosial, maka sudah menjadi kewajiban untuk saling mencegah pencemaran lingkungan. Terutama pencemaran tanah dimana kondisi ini terjadi pada permukaan bawah tanah. Akibat dari pencemaran ini bukan hanya mempengaruhi kesuburan dan struktur tanah. Akan tetapi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan manusia hingga ekosistem. 

Penyebab dan Cara Mengatasi Pencemaran Tanah Secara Efektif
Penyebab dan Cara Mengatasi Pencemaran Tanah Secara Efektif

Pencemaran ini bisa terjadi karena ulah dari tangan manusia maupun perubahan alam. Contoh dari pencemaran ini berupa bahan kimia industri, penggunaan zat kimia, pestisida dan sebagainya. lalu bagaimana cara mengatasi pencemaran tanah yang paling efektif? Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini!

 

Cara Menaggulangi Pencemaran Lingkungan yang Tepat

Dampak negatif dari pencemaran ini terdiri dari berkurangnya kesuburan tanah dan ancaman keselamatan lingkungan serta makhluk hidup seperti manusia, binatang, tumbuhan dan kerusakan ekosistem dan hal yang pasti yaitu menimbulkan berbagai wabah penyakit. 

 

Dampak lainnya yaitu pencemaran udara. Keduanya dapat terkontaminasi karena disebabkan zat-zat kimia yang mencemari tanah dalam jangka waktu yang lama. Jika sudah seperti itu, maka udara yang ada dilingkungan sekitar menjadi tidak sehat ketika dihirup. 

 

Setelah mengetahui efek negatifnya, maka kita sebagai masyarakat harus melakukan pencegahannya. Nah, berikut adalah beberapa cara melakukan penanggulangan pencemaran terhadap tanah. 

 

  • Menerapkan sistem 3R

Sistem Reduce, Reuse dan Recycle (3R) merupakan salah satu cara efektif yang dapat Anda lakukan di rumah. Dengan menerapkan 3R ini, maka Anda dapat mengolah serta memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Anda pun bisa melihat jenis sampah yang mampu diolah atau harus dibuang. 

 

  • Melakukan penghijauan (reboisasi)

Tindakan penghijauan atau reboisasi dapat membantu pemulihan kesuburan tanah. Dengan penghijauan kembali, meskipun membutuhkan waktu yang agak lama namun dapat memberikan hasil yang cukup efektif. Karena pohon-pohon yang ditanam tersebut dapat mengurangi pencemaran udara dan juga tanah.

 

  • Mengurangi penggunaan pestisida

Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat merusak kesuburan dan struktur tanah. Terutama jika Anda hidup di lingkungan pertanian atau perkebunan yang selalu menggunakan zat kimia ini.

 

Maka dari itu, tindakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurangi penggunaan pestisida sangat diperlukan. Dengan melakukan hal ini, maka dapat mengurangi pencemaran pada tanah dimana hal itu sangat mengganggu ekosistem.

 

  • Menggunakan produk ramah lingkungan

Dengan memanfaatkan produk ramah lingkungan, maka dapat mengurangi pencemaran dan kerusakan pada tanah. Produk ramah lingkungan tersebut bisa kita temukan pada  kain kapas, tisu basah, pembalut kain, korek kuping yang terbuat dari kayu atau bambu karena lebih mudah terurai.  

Baca Juga : Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Layak Dicoba

Itulah 4 cara mengatasi pencemaran tanah yang bisa diterapkan di lingkugan Anda untuk menjaga kualitas tanah dan pencemaran lingkungan.