Yuk, Ketahui Berbagai Cara Melempar Cakram Dengan Benar Berikut!

Yuk, Ketahui Berbagai Cara Melempar Cakram Dengan Benar Berikut!

kardinalmarine.com – Para pembaca sekalian, pernahkah Anda mendengar tentang olahraga lempar cakram? Olahraga yang satu ini memang lumayan beken dan digemari oleh banyak sekali orang dari berbagai belahan dunia. Nah, di Indonesia sendiri ada banyak sekali para atlet lempar cakram yang giat sekali mempelajari cara mempraktekkan putaran cakram yang benar waktu dilempar adalah bagaimana. 

Memang kelihatannya jika kita menonton turnamen lempar cakram di televisi, olahraga ini cukup mudah untuk dilakukan. Namun siapa sangka jika banyak orang bahkan belum mengetahui cara melakukan lemparan yang baik dan benar. Nah, untuk itu di bawah ini kami akan membahas dengan lebih mendetail terkait cara melempar yang efektif untuk meraih kemenangan. 

Bagaimana Cara Melempar Cakram Dengan Benar? 

Pada dasarnya, hasil lempar cakram dianggap sah apabila lemparan yang dilakukan oleh para atlet searah dengan jarum jam. Dan Anda tidak bisa sembarangan melempar cakram sesuai dengan keinginan Anda. Tetap ada pakem-pakem yang harus dipatuhi agar nantinya Anda bisa mencetak skor ketika waktu perlombaan atau turnamen tiba. 

Di bawah ini, kami akan memberikan berbagai tips efektif untuk melempar alat berupa cakram pada olahraga lempar cakram dengan baik dan benar. 

 

  • Melakukan persiapan 

 

Ketika mengambil posisi permulaan pada olahraga lempar cakram, Anda harus melakukan persiapan dari segi posisi maupun peralatan. Contohnya, Anda bisa mengambil cakram sesuai dengan berat standar yang ditetapkan oleh lembaga asosiasi olahraga. Setelah itu ambillah ancang-ancang untuk melemparkan sarana berupa cakram yang Anda pegang. 

Untuk bisa melakukan sikap awal, bagian lutut harus ditekuk sedikit, sehingga tubuh seperti memendek dan seperti memiliki pegas yang akan melentingkan keseluruhan bagian badan. Posisi kaki bagian kanan hendaknya diberi jarak sekitar 90 derajat dari kaki kiri untuk posisi ancang-ancang yang lebih memadai.  

 

  • Memasuki bagian kandang lempar 

 

Ketika Anda sudah melakukan persiapan sebaik mungkin, hendaknya Anda segera masuk ke kandang lempar (tempat melemparkan cakram pada turnamen atau perlombaan cabang olahraga tersebut). Kandang lempar ini berbentuk jaring yang disusun sedemikian rupa melingkupi tubuh pelempar. Dan biasanya pada turnamen ini, para penonton harus berada di luar net tersebut. 

 

  • Berdirilah di tempat yang disediakan 

 

Ketika sudah memasuki jaring pelempar, Anda pasti langsung merasa berdegup kencang. Jangan lupa untuk berdiri di atas lingkaran yang telah ditetapkan pihak juri. Jangan lupa untuk menaruh posisi kaki keduanya lebih lebar dari bahu. Lalu lakukanlah ayunan lemparan cakram, yang juga tersambung dengan gerakan melempar cakram ke udara. 

 

  • Melakukan lemparan 

 

Saat yang ditunggu-tunggu tiba, Anda harus segera melempar cakram tersebut ke udara, dengan tangan kanan pemegang cakram lurus dengan menghadap ke bawah. Setelah itu putar badan sebanyak 1,5 kali sebelum akhirnya tangan yang memegang cakram melepaskan cakram tersebut ke udara. 

Baca Juga : Cara Dan Posisi Badan yang Benar untuk Melakukan Lay Up Shoot Saat Basket

Memang, benar sekali putaran cakram yang benar pada waktu dilempar adalah searah dengan jarum jam, dan jenis putaran tersebut akan mendapatkan skor tinggi. Jangan lupa untuk selalu berada di dalam lingkaran yang telah ditetapkan oleh juri untuk memperoleh skor yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *